Jumat, 30 April 2010

BADUTKU yang TELAH PERGI (cerpen)

“Uggh!!!! Panas banget sih cuacanya hari ini!” keluh Winda dalam hati saat keluar kelas menuju WC. “Kantin?? Ngomong-ngomong kantin, kayaknya enak banget kalo minum susu cokelat dingin ala kantin Bi Inez. Mampir ahh..!” ucapnya lagi ketika melewati kantin sekolah.

Pak Dedi yang dikenal guru ter-cute disekolah ini, ternyata sudah masuk kelas dan sudah menulis beberapa soal Ekonometri di papan tulis. Winda mengetuk pintu kelas, memberikan senyuman manis pada guru idolanya ini, dan kemudian duduk di bangkunya.

“Dari mana, Nda? Kok telat masuk?!” tanya Rani teman satu mejanya.
“Pak Dedi udah dari tadi ya? Gue dari WC terus mampir ke kantin nih..” jawabnya sembari menunjukkan minuman yang baru dibelinya.
“Hmmphh… ngga aneh deh loe. Anak-anak pasti marah besar sama loe. Loe pake ngga ngajak sih!” lanjut Rani.
“Sorry laah..” singkatnya sembari mengambil buku dari tas.
“Abis ini, anak-anak pada mau ke rumah loe.. Pengen bakso si mas ganteng katanya..” ucap Rani berbisik sembari terus menulis soal dalam bukunya.

Teman-teman dekat Winda memang sangat rajin datang ke rumahnya. Apalagi selesai belajar tambahan seperti ini. Otak sudah capek dan obatnya cuma satu, yaitu bakso. Siang ini tepat jam tiga sore, mereka sudah sampai di tempat mangkal si mas ganteng yang letaknya tidak jauh dari rumah Winda. Dengan semangatnya mereka memesan tujuh bungkus bakso untuk dinikmati bersama di rumah.

“Ada majalah baru ngga, Nda?!” tanya Sita sambil menikmati bakso pesanannya.
“Ambil aja di laci, Ta! Trus kalo pada mau cemilan, di kamar gue tuh..” jawabnya sembari kepedasan.
“Gue pengen minum nih, loe ngga perhatiin gue dari tadi kepedesan juga, Neng?!” celoteh Debby yang memang paling bawel diantara yang lainnya.
“Halllaahhh, biasanya juga loe ngga tau malu langsung embat. Ambil aja, By” sambungnya.
“Eia Nda, hampir gue lupa, dapet salam tuh dari anak kelas dua temen gue” tiba-tiba Tira menyampaikan salam untuknya. “Pengen kenalan katanya, tapi keliatannya loe judes gitu. Dia juga nanyain status loe, ya gue bilang aja kita semua lagi jomblo” lanjut Tira. “Katanya dia udah lama perhatiin loe. Trus gue kasih nomer loe, malem ini pasti dia telfon loe. Ngga apa-apa kan?!” sambungnya lagi.
“Temen loe yang mana nih??” tanyanya penasaran. Dan tiba-tiba handphone Winda yang berada di atas meja tv berdering. “Eh, bentar-bentar!! Gue bales sms dulu ya” sambungnya. “Oowwhh, Randy ya maksud loe” ucapnya saat membaca sms dari nomer yang tidak ia kenal, diiringi anggukan Tira. “Dia sms gue, Ra!” lanjutnya sembari menunjukkan isi smsnya pada Tira.
“Idihh lebay bener tu kata-katanya..” ejek Tira.
“Eh, tapi kok dia nyebut gue “kakak” sih?!!” tanya Winda pada teman-temannya.
“Ialaahh loe kan kakak kelasnya, gimana sih!” sambung Debby.
“Kesannya loe tua banget, Nda..” sindir mereka.

Malem ini Winda mengerjakan tugas sembari santai di tempat tidurnya, Winda terganggu dengan missedcall dari nomor yang sama. Namun akhirnya pemilik nomor itu berani menunjukkan suaranya.

“Malem kakak.. Sorry ya ganggu..” sapa cowok di sebrang sana.
“Kakak?! Owhh, loe temennya Ira ya?” singkatnya saat teringat kata-kata Tira siang tadi. “Aduh, De’.. Pliss yaa jangan panggil kakak lagi, panggil nama gue aja lah” lanjutnya sedikit dingin. “Jadi loe yang dari tadi missedcall ngga jelas? Maksud loe apa sih, ganggu orang aja!” lanjutnya lagi.
“Cuma becanda, sorry kalo keganggu. Udah ngantuk ya, suaranya kok berat banget?” jawabnya menebak-nebak. “Masak jam segini udah mau molor? Belajar dong, udah kelas tiga, mau ujian juga, kok masih santai-santai..” cerocosnya sok tahu.
“Idiiiiiiih… terserah gue kali! BTW, ada apa sih malem-malem gini telfon?!” lanjut Winda.
“Gue cuma mau minta ijin, jutek banget sih. Boleh ngga besok kita ngobrol live di sekolah?” pintanya.
“Live?!! Loe pikir nyanyi kali?” jawabnya singkat.
“Boleh ya, Please…..” mohon lelaki yang belum dikenalnya ini, dengan nada manjanya.
“Ya udah deh, besok di kantin aja ya bubaran sekolah. See you ya…” ucapnya mangakhiri perbincangan.

***

“Cie yang janjian sama Randy..” sindir Tira saat Winda pamit pada sahabatnya untuk pulang mendahului mereka.
“Siapa yang jadian? Cuma mau..”
“Idiihh, siapa juga yang bilang jadian? Loe aja yang pengen..” lanjut Tira diiringi senyum sahabatnya yang lain.
“Apaan sih, Ra! Biasa aja lagi..” ucapnya sedikit malu karena salah dengar.
“Halllaaahhh, buktinya gue bilang JAN-JI-AN, tapi loe dengernya JA-DI-AN. Ngga usah pura-pura deh, Randy udah cerita kali tentang tadi malem..” sambung Tira mengejekku.
“Hah?! Jadi, kalian pada tau kalo..”
“Ya gitu deh, nyantai aja lagi..” lanjut Debby yang ngga mau kalah mengejek Winda.
“Udah deh, Nda! Sana-sana!!! Tuh Randy udah di kantin, kasian kelamaan nunggu. Dari tadi missedcall gue mulu, tandanya loe kudu cepet nyamperin dia.!” saran Tira sembari mendorong tubuhku keluar kelas untuk menghampiri Randy. Dengan segera Winda berjalan menuju kantin, ia juga penasaran ingin melihat wajah lelaki yang katanya sedang mengincar dirinya.
“Kok lama sih, Kak?! Baru keluar ya?!” ucap lelaki yang baru ia lihat sosoknya ini, membuka pembicaraan.
Winda hanya terdiam karena terpesona akan pandangan pertamanya ini.

“Kok diem?!” tanyanya sembari mengambilkan Winda satu botol softdrink.
“Sampe loe ngomong kakak sekali lagi, gue pergi aja ya!” ancamnya.
“Tega! Orang cuma becanda ah..” jawabnya beralasan.

Lagi-lagi Winda terdiam karena gugup.

“Loe kebanyakan diem ahh..” sambungnya seakan meminta Winda untuk bicara. Randy terus memandang Winda yang masih juga diam.
“Apaan sih ni anak ngeliatin gue kayak gitu..” ucapnya dalam hati. “Iiiih, muka loe kayak ganteng aja deh!” katanya sembari menyentuh wajah Randy dan sedikit memberi senyuman.
“Yee.. pegang-pegang gue! Hehe, gitu dong senyum.. Kan keliatan pipi chubbynya!” ucapnya sedikit memujiku. “Cantik deh! Dari tadi gue cuma pengen loe senyum tau..” lanjutnya sembari masih terus memandangku. “Kok bengong?? Terpesona ya liat gue?” lanjutnya lagi.
“Hah?! GR ah..” singkatnya. “Ke ruang seni yuk, pengen liat Keke latihan ambil suara buat acara pentas seni Senin besok!” ajak Winda.
“Kenapa ngga loe aja yang nyanyi?! Katanya anak band?” sindirnya.
”Mulai deh sok tahu!” ucapnya sembari bersiap beranjak dari kantin.
“Apa sih yang gue ngga tau tentang loe?” lanjutnya saat berjalan disebelah Winda menuju ruang seni.

Cukup lama Winda menghabiskan waktu bersama Randy di ruang ini, tidak hanya berduaan, tetapi bersama sahabat-sahabatnya yang juga mudah akrab dengan Randy. Seharian penuh canda tawa setelah beberapa hari ini Winda tidak enak hati dan perasaan.


Dear diary..
Nda punya temen baru, kayaknya anaknya baik..
“Randy”, nama yang cukup bagus kan?
Pertama kenal aja dia udah nunjukkin carenya.
Katanya anak-anak sih Randy ada feeling ke Nda.
Tapi, ngga mau GR duluan ah, kayanknya emang dia baik sama semua orang deh..
Jadi senyum-senyum sendiri inget kelakuannya dia.
Hmm.. kita liat deh kelanjutannya besok!!

***
Empat hari sudah Winda merasa nyaman melewati hari-harinya dengan teman barunya ini. Randy sosok yang humoris, ia bisa membuat Winda tersenyum dan tertawa lepas. Randypun tidak menuntut Winda untuk ber-jaim ria. Seperti malam-malam sebelumnya, Randy menelefon Winda untuk sekadar mengucapkan selamat tidur.

“Jangan bilang gue ganggu ya telfon loe?” pintanya. “Kali ini gue pengen ngobrol banyak, please..” lanjutnya memohon.
“Emmhh, ngga apa-apa kok .. Kebeneran gue lagi butuh temen..” jawab Winda berusaha membuatnya senang.
“Butuh temen atau pacar?” sambungnya.

Winda terdiam kembali, ia ingin menceritakan sesuatu padanya, tetapi ragu karena merasa baru mengenalnya.

“Ah, BT ah diem aja. Kamu lagi ada masalah ya?” tanyanya tanpa basa-basi. “Cerita dong..” pintanya.
“Ngga ah..” singkat Winda. “Eh, loe tinggal dimana sih?!” lanjutnya mengalihkan pembicaraan.
“Gue ngekost, deket sekolahan kok..” singkatnya. “Bonyok gue di Jakarta.. gue tinggal disini berdua doang sama si kodok..” jelasnya.
“Kodok cowoknya Keke?” tanya Winda yang belum tahu banyak tentang lelaki ini.
“Ia, gue masih sodaraan tuh ama dia” lanjutnya lagi.
“Anak kelas dua bakal study tour ya, tujuan kemana?” tanya Winda mencari pertanyaan lain.
“Jogja. Nyantai aja, loe pasti gue bawain oleh-oleh..” ucapnya diiringi senyuman Winda.
“Beneran ya, nanti gue bilangin juga ke anak-anak kalo loe mau bawain oleh-oleh buat kita..” lanjut Winda sedikit berjokes.
“Ah, jangan dong, gue kan pengen kasih oleh-olehnya buat loe, bukan buat anak-anak..” jelasnya.
“Loe gitu banget sih, kan temen loe juga..” sambung Winda.
“Kenapa ya gue nyaman deket sama loe..” ucapnya membuat Winda terdiam.
“Gombal ahh, baru juga berapa hari kita kenal..” lanjut Winda.
“Ahh ngga pernah percaya nih. Eh, besok gue minta foto loe yah di handphone gue.. Boleh ngga? Kalo bisa sih sama foto loe yang di dinding kamar loe juga” pintanya.
“Tau dari mana loe?” jawabnya. “Eh ia, rambut gue kan baru dipotong tadi sore, wajah baru ceritanya. Besok liat ya, pantes ngga sih pake potongan kayak gini?!”sambungnya.
“Pantes ko pantes.. Boleh ngga minta foto, kok jadi ngalihin pembicaraan sih..” lanjutnya.
“Mmmmh.. Besok HP loe kasih ke Tira aja. Tau beres deh pokoknya..” janji Winda.
“Beneran nih???” tanyanya tidak percaya dengan janji wanita pujaannya.
“Mmmh.. loe kok baek banget sih sama gue..” ucap Winda jujur. “Mulai sekarang, loe jadi badut gue ya.. Soalnya loe bisa ngehibur gue sih di saat gue ada masalah gini..” lanjutnya.
“Siaaappp.. Selamanya gue janji bakal jadi badut loe..” ucapnya bersedia. “Tapi badutnya ngga tau masalah apa yang bikin loe murung gitu..” sambungnya berharap Winda menceritakan sebagian dari permasalahannya.
“Nanti juga loe tau. Thanks ya badut, loe udah bikin gue ketawa beberapa hari ini..” ucap Winda berterimakasih.

***

Jam istirahat kali ini Tira mengintrogasi Winda dengan beberapa pertanyaan, yang Winda tidak tahu maksud dari pertanyaan tersebut.

“Nda, loe ada perasaan ngga sama Randy?” tanyanya.
“Kenapa, Ra? Dia nanya?” jawab Winda kebingungan.
“Engga.. gue pengen tau aja. Loe ke dia ada feeling juga apa ngga??” lanjut Tira.
“Gue nyaman banget deket sama dia..” jawab Winda sedikit menutupi perasaanya.
“Bener nih ngga ada perasaan lain??” goda Tira.
“Ialah, masa baru kenal beberapa hari bisa jatuh cinta, ngga mungkin kali..” lanjut Winda beralasan.
“Nda, dipanggil Randy tuh..” ucap Keke yang baru memasuki kelas. “Ra, ke ruang seni sekarang yuk. Technical meetingnya bentaran lagi mulai!” ajak Keke pada Tira yang masih disamping Winda. “Loe nyusul aja ke bawah aja ya, Nda..” sambung Keke terburu buru sembari menggandeng lengan Tira.
“Ia ntar gue nyusul ya..” ucap Winda yang juga berjalan keluar kelas menemui Randy.
“Selamat nge-date di siang bolong.. Dagh Nda, dagh Randy, kita duluan ke bawah ya..” goda kedua sahabatnya.
Winda memberikan senyuman pada Randy sembari mengembalikan handphone milik Randy yang sudah berisi foto-foto dirinya.
“Thanks ya.. Rambut loe bagus kok, siapa yang bilang ngga pantes?” ucap Randy memuji, Windapun tersenyum.

***

“Malem.. lagi ngapain?!” ucapan pertama Randy saat menelepon Winda di malam berikutnya.
“Nunggu telfon dari kamu..” jawab Winda sembari menjatuhkan tubuhnya di tempat tidur.
“Apa? Kamu?!..” singkat Randy terkejut.
“Eh, maksudnya nunggu telfon dari loe..” lanjut Winda beralasan. “Senin besok loe dateng ke stand bazaar kelas gue ya” pinta Winda.
“Siiipp, nanti aku borong deh, emang stand kamu sedia makanan apa aja?!” tanyanya kegirangan.
“Ngga tau, gue ngga ngurus konsumsi!” singkatnya.
“Besok ke sekolah ngga?” tanya Randy lagi.
“Males sih, hari minggu pengennya jalan sama keluarga. Tapi ya gimana lagi, gue jadi ketua dekorasi ya harus tanggung jawab dong..” jelasnya.
“Jam berapa?! Bareng aku yuk jam sepuluh-an..” ajaknya.
“Kepagian ahh, jam satu-an aja..” lanjutnya.
“Ok deh, Kakak!!!” sindirnya.”Sampe besok deh kalo gitu.. Gue mau pergi dulu nih..” pamitnya mengakhiri perbincangan.
“Non Winda..” tiba-tiba terdengar suara Bi Hanhan dari balik pintu kamarnya.
“Ya, Bik!!!” sahutnya.
“Ada mas Aldo tuh..” ucap Bibik memberi tahu.
“Agh.. Nda males, Bik!! Bilangin aja udah tidur atau ngga enak badan atau apapun lah.. Pokoknya Nda ngga mau ketemu Aldo dulu. Tolong ya, Bik..” teriaknya dari dalam kamar. “Ngapain sih dia berani banget dateng ke rumah. Mentang-mentang tau papa lagi di luar kota” ucapnya dalam hati.
“Nda sayang, kenapa kamu ngga mau ketemu Aldo?” ucap Mama saat masuk ke kamar Winda. “Bener nih mama suruh pulang Aldonya?” lanjut Mama.
“Bener, Ma.. Nda lagi BT sama dia. Lagian kan dia bukan cowok Nda lagi. Terserah Nda mau ketemu atau ngga sama dia, Ma..” jelas Winda menggerutu.
“Ah kamu.. Kayaknya Aldo mau ngomong serius sama kamu. Lebih baik kamu sendiri ketemu dia terus kamu bilang sama dia apa yang kamu mau” saran Mama sembari mengelus rambut Winda..
“Yahh, mama ngga ngerti deh!!” gerutunya sembari berjalan menuju ruang tamu. Mama hanya menggelengkan kepalanya. “Apaan sih malem-malem gini dateng segala!” gerutu Winda saat menemui Aldo, mantan kekasihnya yang masih juga mengejar cintanya.
“Enak ya tadi ngobrol sama anak kelas dua? Pake ngasih nomer telepon, ketawa-ketawa bareng?!” sindir Aldo yang terlihat cemburu.
“Trus kenapa?! Sewot banget, emangnya kamu siapa?! Inget ya, kita udah ngga ada hubungan apa-apa lagi!!” jelas Winda sembari terus berdiri di hadapan Aldo.
“Tapi kamu inget juga, aku tuh selamanya bakal sayang sama kamu! Aku ngga pernah punya niat untuk tinggalin kamu, tapi kamu yang minta dengan segala alesan” jawabnya serius. “Ternyata sekarang aku tau sebabnya. Hanya gara-gara kamu dikenalin temen-temen kamu sama dia, trus kamu suka sama dia dan ninggalin aku dengan alesan yang macem-macem..” lanjutnya penuh emosi.
“Kamu ngga usah bawa temen-temen aku ya!” ancam Winda.
“Kenapa? Kamu lebih sayang sama temen-temen kamu? Sampe-sampe kamu terus-terusan belain mereka?” sindirnya lagi.
“Ia!!! Mau apa?! Mereka ngga pernah bikin aku sedih, ngga kayak kamu yang selalu buat aku nangis hampir setiap malem!” lanjutnya lagi.
“Ah!!! Shitt!!! Semua gara-gara cowok itu! Aku bakal kasih pelajaran ya sama dia!” ancamnya.
“Alaaaah, kamu tuh kayak yang berani aja. Selama ini kan kamu cuma bisa ngomong doing, ngancem doang.. ” sindir Winda lagi.
“Ternyata kamu suka juga ya sama brondong? Kasian deh dapet pengganti aku brondong kayak dia. Pemabuk lagi!” ucapnya membuat Winda semakin marah.
“Heh! Jaga omongan kamu ya! Randy ngga seperti yang kamu bayangin!” lanjut Winda membela lelaki yang sedang mendekatinya itu.
“Siapa? Randy? Oh, Randy namanya..” sambung Aldo.
“Selama aku deket dia, dia selalu bikin aku ketawa dan aku nyaman di deket dia!! Lagian kamu kenapa sih?! Aku bilang ngga perlu ikut campur urusan aku, aku ngga perlu perhatian kamu lagi!” jelas Winda yang kemudian beranjak masuk kembali ke kamarnya. Aldo dengan segera menarik lengan Winda.
“Kamu yang bilang sama aku ngga suka sama pemabuk! Trus kenapa? Kenapa harus dia yang jadi cowok kamu? Keliatan banget kok dari tampangnya yang suka minum!!! Aku tuh pengalaman, Nda!” ucapnya sok tahu. “Aku mau kamu dapet pengganti yang lebih dari aku, bukan malah ancur gitu!!!” lanjutnya.
“Terserah kamu mau mandang dia kayak apa! Dia temen terbaik aku saat ini!” sambung Winda yang wajahnya semakin memerah.
“Sekarang temen, tapi nanti kan…”
“Sekarang atau nanti, apa urusannya sama kamu?!” lanjut Winda memotong pembicaraan Aldo.
“Urusan akulah .. Aku cinta sejati kamu, kita hanya terpisah karena perbedaan yang kita punya. Coba kalo perbedaan itu ngga kamu jadiin masalah, kita pasti masih baik-baik aja kan?!” tanya Aldo masih penuh harap.
“Baik apanya?! Apa yang namanya selalu ribut itu baik-baik? Yang namanya hubungan ngga direstuin orang tua, ngga juga direstuin Tuhan! Inget itu!” ucap Winda sedikit membentak. “Biarlah hati kecil aku sayang sama kamu, tapi kalo emang kita ngga bisa satu, kita mau apa lagi? Mungkin ini yang terbaik untuk kita” sambung Winda ingin membuatnya mengerti. “Kamu dan aku pasti dapet pengganti yang lebih. Aku tau dia anak baik-baik, kamu ngga usah cemasin aku. Dan yang lebih dari dia, dia bisa bikin aku seneng! Dan aku ngerasa SAYANG sama dia!!! PUAS??!!” ucap Winda sembari melepaskan tangannya dari genggaman Aldo, kemudian ia berlari ke dalam kamarnya.
“Kamu gitu ya sekarang? Makasih tau ngga?!” teriak Aldo.

***

Pagi-pagi sekali handphone Winda berdering. “Keke? Nelfon pagi buta gini, ada apaan sih” ucapnya ketika melihat nama penelepon di layar ponselnya.

“Ia, Ke.. Ada apana?!” ucap Winda dengan nada masih mengantuk.
“Nda, sabar yah..” lirih Keke. “Randy.. Randy udah ngga ada, Nda... Randy meninggal..” lanjutnya semakin lirih.
“Apa?! Keke, loe, loe, loe lagi becanda kan?!!” jawab Winda sedikit histeris.
“Sabar ya..” lanjut Keke berusaha menyadarkan sahabatnya ini.
“Randy.. aku harap ini hanya mimpi aku ajaa..” ucapnya dalam hati. “Hari ini, kita janji buat ketemu kan? Besok, kamu juga janji borong makanan di stand aku? Lusa sepulang study tour, kamu janji bawain oleh-oleh buat aku? Dan selamanya, kamu janji bakal jadi badut aku??” lanjutnya dalam hati ketika ingat janji-janji Randy yang belum sempat ia penuhi.
“Nda, nanti gue kasih kabar loe lagi ya..” sambung Keke yang masih lirih.

Winda bangun dari tempat tidurnya, ia duduk di depan meja riasnya dan menatap dirinya yang pucat setelah mendengar kabar buruk pagi ini. “Randy.. kenapa Tuhan hanya kasih aku kesempatan sesaat untuk deket sama kamu? Kenapa?” ucapnya masih dalam hati. “Selama ini aku belum pernah panggil nama kamu.. Selama ini kamu belum tau perasaan aku. Aku sayang sama kamu, Ndiii…” lanjutnya sembari membayangkan satu minggu yang telah ia lewati bersamanya.
“Raaandyyyy .. !!!!!” teriaknya sembari meneteskan air mata.

Kemudian Winda bergegas menuju sekolahnya untuk mencari tahu berita buruk ini dari sahabat-sahabatnya. Diperjalanan menuju sekolah, ia masih terus menangisi berita ini. Mama yang mengantarnyapun kebingungan menenangkan anak tunggalnya ini.

“Nda, jenazahnya udah di bawa ke Depok, ke tempat orang tuanya!!!” ucap Keke ketika Winda tiba di sekolah dan menghampirinya.
“Apa??!! Jadi gue harus ngapain sekarang, please tolongin gue gimana caranya supaya..”
“Udah ya, Nda.. Loe harus bisa terima ini semua” lanjut Rani mengelus pundak Winda dan memeluk sahabatnya ini.
“Semalem masih bercanda-bercanda sama gue..” ucapnya sembari menangis. “Gue pengen ke sana.. Gue pengen liat dia sampe tempat terakhirnya!!” gerutu Winda.
“Jakarta Nda, bukan lokasi yang deket dari kota kita ini!” jelas Tira sedikit kesal. “Loe jangan ngerasa sedih sendirian kayak gitu, kita semua juga sedih dan bisa ngerasain perasaan loe!!!” sambungnya sembari memeluk sahabatnya ini.
“Kita semua kehilangan dia, Nda. Bukan hanya kamu, kita sayang dia!!! Dia sahabat yang baik, walaupun kita juga baru kenal dia beberapa hari ini…” Debbypun ikut menenangkan Winda.
“Sebenernya apa yang terjadi sampe dia bisa pergi…” lirih Winda.
“Semalem kita malem mingguan rame-rame. Gue juga ada di situ sama cowo gue, Keke juga disitu sama cowoknya. Motor Randy di paling depan diantara kita semua” jelas Tira sembari menghela nafas. “Terus, kita lewat gang kecil yang ada rel kereta apinya. Dan sama sekali ngga ada penutup pintu lintasan, bikin kita ngga tau kalo mau ada kereta yang lewat..” lanjut Tira.
“Udah.. Cukup, ngga usah diterusin lagi, Ra..” pinta Winda yang masih penuh isak tangis.
“Tapi, Nda. Ada yang mau gue kasih tau sama loe” ucap Tira.
“Apa?!” singkat Winda sembari menghapus air matanya.
“Kemarin sebelum berangkat, dia nanya ke gue perasaan loe ke dia. Tapi gue bilang ngga tau, maksudnya supaya dia tanya langsung ke loe. Rencananya dia mau nembak loe besok di acara pensi” jelas Tira yang kemudian semakin membuat Winda menangis tak berdaya.
“Dia kan juga janji sama gue, Nda. Janji mau kasih gue bunga pas gue nyanyi di acara besok. Pokoknya besok gue mau nyanyi lagunya special buat dia..” ucap Keke yang juga masih dalam kesedihan.
“Makasih, Ra.. Loe udah kenalin sosok Randy ke gue..” lirih Winda yang kemudian melamun, membayangkan sosok lelaki yang tidak akan pernah ia lihat lagi raganya. Tatapannya kosong, seperti putus harapan, seperti kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidupnya.

***
“Selamat pagi siswa-siswi yang saya cintai serta Bapak-Ibu guru sekalian yang saya hormati..” ucap Bapak Kepala Sekolah yang membuka acara pentas seni hari ini. “Hari ini insyaallah kita akan melaksanakan kegiatan pentas kreatifitas siswa dimana sejak kemarin kalian telah mempersiapkan sebaik-baiknya, sehingga acara hari ini bisa terlaksana dengan baik..” lanjut Bapak Kepala Sekolah yang berdiri tegak di podium. “Satu lagi berita duka.. Kita telah kehilangan teman kita yang kita cintai, Randy XI-IPS-4. Kita doakan semoga teman kita ini, diterima di sisi-Nya, dan bagi yang ditinggalkan bisa tabah menerimanya..” sambung Bapak Kepala Sekolah memberitakan berita duka pada seluruh siswa-siswi juga guru-guru.

“Udah, Nda.. Jangan nangis terus” ucap Tira setelah Kepala Sekolah membahas berita duka ini. “Randy pasti liat kita dari atas sana!!” lanjutnya menenangkan Winda yang masih belum bisa menerima kepergian lelaki yang sebenarnya ingin ia miliki itu.
“Ini yang terbaik, Nda…” sambung Sita sembari tersenyum yakin.
“Loe beruntung, loe cinta terakhirnya dia..” lanjut Rani menghapus air mata Winda.
“Kita semua temen-temen kamu ngerasa kehilangan kamu banget, terutama aku.. Sosok kamu yang begitu ngangenin, bikin aku ngerasa kamu ngga pernah pergi..” ucap Winda sembari melihat ke atas langit. “Trimakasih ya selama ini udah jadi badut aku, walau sesaat..” lanjutnya yang kemudian menghela nafas. “Aku janji ngga akan larut dalam kesedihan, aku pengen kamu tenang di sana..” sambungnya yang kemudian dipeluk oleh sahabat-sahabatnya.

***


DEDICATED TO: RANDY SUTAN SAGALA …
Kenangan terindah di bulan Maret 2006, ketika saya mengenal sosoknya. Dan di bulan itu juga, saya harus kehilangan dia untuk selamanya. Namun sosoknya masih penuh arti sampai hari ini. Terima kasih untuk satu minggu yang penuh arti itu..





Putri Handayani, 18 Maret 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar