Selasa, 08 Juni 2010

Fenomena Band Anyar

Saat ini hampir setiap stasiun televisi mempunyai program musik yang ditayangkan setiap harinya (RCTI punya Dahsyat, SCTV punya Inbox, ANTV punya Mantap, TRANS punya Derings, dan masih banyak lagi acara musik lainnya). Dari acara musik tersebut, saya melihat banyak sekali band-band baru yang bermunculan.  Dan sepertinya mata juga telinga saya agak terganggu dan tidak lagi menikmati musik tersebut. Sudah lama saya ingin melontarkan unek-unek mengenai fenomena band-band baru yang menjamur di Indonesia ini. Disini saya tidak bermaksud untuk menghina siapapun, saya juga tidak mengerti dunia musik dan sayapun tidak berkecimpung di dunia musik. Bisa dibilang, ini hanya ungkapan dari perasaan dan penilaian saya sebagai salah satu penikmat musik (khususnya musik Indonesia). 

Dari wacana program-program musik di televisi, nampaknya sulit sekali untuk bergabung di industri musik Indonesia (seperti : butuh pengalaman bertahun-tahun, banyak hal yang harus diperjuangkan, banyak rintangan yang harus dihadapi, dan masih banyak pertimbangan-pertimbangan lainnya dari berbagai pihak atau label itu sendiri). Tapi saat ini, sepertinya mudah ya untuk masuk di industri musik Indonesia tanpa melihat dan menilai dari berbagai sisi?? Beberapa contoh, misalnya saja dari segi kemampuan bernyanyi, tampang yang menjual atau yang lainnya. Bloogy bisa lihat sendiri, band-band baru yang bermunculan ini seperti apa. Mereka muncul dengan nama band yang sepertinya asal-asalan, lagu yang tidak menjual (yang hanya sekali buming, selanjutnya tenggelam entah kemana), kemampuan bernyanyi yang saya pikir tidak begitu bagus, dan tampang yang biasa (biasanya tampang juga diperhitungkan, rite?!!) Saya pikir, mereka hanya sekedar ingin TAMPIL dan MUNCUL DI TV, tanpa berpikir ke depan. Jaman memang semakin maju, dengan "UANG" segalanya dapat diwujudkan. 

Hancur Band ..
Dari namanya saja, bloogy bisa mendefinisikan sendiri, dan sayapun begitu. Apalagi ketika saya melihat tampang-tampang dan kualitas suara mereka. Huftt, apa ini tidak memalukan dunia musik Indonesia yaa?! Dan berikut ini beberapa potret band-band baru lainnya yang sedang menjamur SAAT INI, namun entah di hari-hari esok.... ck ck ck...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar